Cakra dalam pengertian spiritual adalah tempatatau jalur keluar masuknya energi Prana atau sebagai transformer energi. Cakra ini bila dilihat secara mata batin akan terlihat seperti sebuah roda cahaya yang berputar atau seperti bunga teratai. Masing-masing cakra memiliki frekwensi dan gelombang yang berbeda-beda. Setiap daun teratai cakra mewakili jumlah frekwensi yang digetarkan, frekwensi terendah adalah dimulai dari cakra paling bawah dan semakin naik jumlah daunnya semakin banyak demikian juga frekwensinya semakin tinggi.

Ada tujuh cakra utama didalam tubuh eteris kita yang patut kita ketahui apabila ingin membersihkan ataupun mengaktifkan cakra. Tujuh cakra tersebut adalah:

Cakra dasar (muladhara): cakra ini terletak tepat dilubang anus dgn warna kemerahan berdaun empat. Cakra ini dikenal juga sebagai pusat energi berunzur padat seperti , bulu,kulit,tulang,daging dsb, cakra ini juga sebagai pembentuk darah. Secara mental cakra ini  akan memberi keteguhan hati, emosi, bersifat material atau bersifat membumi.Bagi  yang  jiwanya lemah selain cakra jantungnya juga cakra dasar ini sangat perlu diaktifkan sehingga seseorang akan mempunyai sikap yang tegas dalam menentukan sesuatu. Kelemahan cakra ini akan membawa dampak cukup serius : misalnya cepat putus asa bahkan ingin melakukan pembunuhan diri, rasa tidak berdaya dan tubuh secara fisik akan sangat lemah. Cakra muladhara ini juga sangat erat hubungannya dengan energi Kundalini shakti, karena energi tersebut tersimpan secara rahasia di cakra ini.

Cakra Sex (Swadhistana): cakra terletak sedikit diatas kemaluan kita dengan teratainya berwarna orange berdaun enam lembar. Cakra ini mewakili unzur air yang ada ditubuh manusia. Cakra ini merupakan  perwakilan dari nafsu,keinginan dan kehendak seseorang. Bila cakra ini terlalu aktif disamping terjadi upper sexual juga akan menyebabkan cepat tersinggung, cemburu, dan pendendam.

Cakra Pusar ( Manipura/Nabi): Cakra tepat berada di pusar kita dengan teratainya berdaun sepuluh sebagian besar berwarna kekuningan dan didalamnya ada warna kehijauan. Cakra ini bersifat seperti api sehingga tugas energi cakra ini adalah untuk melakukan proses pencernaan makanan. Zat halus makanan akan dialirkan keseluruh tubuh berupa energi untuk pertumbuhan dan energi kasarnya digunakan menumbuhkan badan kasar kita. Disamping itu cakra ini akan menyembuhkan berbagai jenis penyakit sehingga cakra ini dikenal sebagai cakra penyembuhan. Cakra ini akan memancarkan cahaya apinya menuju kedaerah mata fisik. Secara mental normalnya cakra ini akan memberikan kesenangan,kenikmatan dan kebahagiaan. Namun bila terlalu aktif dan kotor akan menyebabkan seseorang gampang marah, suka mempropokasi dan lebih banyak mengandalkan otot dari pada otaknya.

Cakra Jantung (anahata) :Ini adalah cakra yang sangat penting, cakra ini terletak tepat ditengah-tengah dada diantara kedua puting susu kita. Bunga teratai berdaun dua belas denagn warna dipingginya kehijaun dan didalamnya warna merah muda. Cakra ini kadang dikenal sebagai cakra Hati atau cakra yang mewakili hati nurani. Dengan mengaktifkan cakra ini akan mampu semakin mengaktifkan hati nurani juga. Namun perlu diingat bila hanya cakra ini saja yg diaktifkan tanpa ada penyeimbangan dari cakra dibawahnya bisa jadi keaktifannya menyebabkan sakit jantung.

Cakra Jantung merupakan perwakilan dari perasaan seseorang juga rasa melalui kulit. Dalam cakra ini tempat bersemayamnya sang Jiwa utama seperti dijelaskan oleh Rhsi Patanjali bahwa didalam Goa Hridaya ada Iswarah atau Purusa. Di cakra inilah dikatakan stananya sang Jiwa dan kantornya di di tengah kepala di Cakra Dahi. Cakra yang menjadi tempat menemukan cintakasih dan jati diri.

Cakra Tenggorokan (Wisuddha): cakra berada di daerah tenggorokan dgn warna kebiruan yang mewakili ether. Daun teratai yang berjumlah 16 berwarna biru langit. Cakra yang menjadi penghubung antara cakra dibagian kepala dgn cakra dibagian tubuh. Cakra wisudha akan lebih banyak mengontrol pendengaran,suara dan pengetahuan spiritual juga menunjukan tingkat keegoan seseorang.

Iklan

0 Responses to “CAKRA”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Kundalini Shakti

Kategori


%d blogger menyukai ini: